Doddy Moedjito : Libatkan Keluarga Bikin Club Lebih Solid

0
1150

Hasil munas Mercedes-Benz W202 Club Indonesia yang berlangsung di Insitut Bisnis Nusantara (IBN) Agustus 2015 lalu, telah menelurkan sebuah kesepakatan yang membuat nama headquarter yang selama ini diemban W202 wilayah Jakarta berganti menjadi 01. Region Jakarta. Kami pun menyempatkan waktu untuk melakukan perbincangan santai dengan Doddy Moedjito di sela – sela hiruk pikuknya konvoy perdana W202 01. Region Jakarta ke Cirebon, 9-10 Januari kemarin. Dengan ramah, pria kelahiran Jakarta 58 tahun silam akhirnya menuturkan metamorphosis club hobby yang kini menginjak usia 8 tahun.

Halo Pak Doddy, sekarang Jakarta sudah tidak lagi menjadi kantor pusat, apa sisi positifnya?

Halo mas, dari hasil munas kemarin kita sudah memiliki nama baru, dan menurut saya sisi positifnya adalah para chief yang menaungi daerah masing – masing akan semakin fokus mengurus para anggotanya. Pada masa jabatan saya dulu, kita sebagai Presiden dan chief juga mengurus seluruh anggota dari daerah – daerah lain selain Jakarta, jadi banyak daerah yang kurang mendapat perhatian, nah untuk meminimalisir kecemburuan sosial, maka dibuat pengurus pusat, tujuannya si agar semua anggota komunitas W202 mendapatkan porsi yang sama.

Doddy-Moedjito-MB-W202-CI-1

Jabatan Presiden kan 3 tahun, sementara utk chief region hanya 2 tahun, bagaimana utk anggota baru yang mau mendaftar saat jabatan chief selesai? Siapa yang berwenang memfasilitasinya?

Untuk suatu kepengurusan di club hobby memang agak spesifik. Kalau Presiden hanya diberi waktu menjabat 2 tahun, semua program kerja yang telah direncanakan tidak akan terselesaikan karena waktunya terlalu mepet. Sementara itu, kalau chief mengapa 2 tahun, agar para anggota lainnya dapat merasakan jabatan tersebut, intinya memberi kesempatan sama member yang lainnya, karena tidak mudah menjadi kepala regional. Kalau untuk keanggotaan, kewenangan ada di bawah Presiden.

Berarti kali ini merupakan touring perdana W202 regional Jakarta, Apa harapannya?

Kami ingin klub ini terus berkembang, dan tentunya memiliki anggota yang terus bertambah. Karena W202 merupakan salah satu mobil Mercedes-Benz dengan populasi terbanyak di Indonesia, sampai saat ini saja kami tercatat memiliki member sebanyak 446 anggota khusus regional Jakarta saja. Jakarta merupakan kota paling potensial dalam menggembangkan klub varian seperti ini.

Doddy-Moedjito-MB-W202-CI-1

Sampai sejauh ini, Apa yang perlu dipertahankan untuk membuat klub ini tetap solid?

Regional Jakarta memang terkenal memiliki member paling banyak, dan yang pasti anggotanya juga terkenal paling kritis. Jadi gampang – gampang susah untuk menyatukan visi misi dalam membangun klub hobby seperti ini. Yang penting kita tetap menjunjung tinggi AD/ART yang telah kita buat sebagai dasar klub.

Kita juga rutin mengadakan short atau long touring setiap tahunnya demi menguatkan kekompakan. Biasanya long touring diadakan saat libur sekolah, jadi selain bisa membawa istri, para anggota juga bisa membawa anak – anak mereka. Dengan hal seperti ini, tidak hanya antar anggota yang dekat, para anggota keluarga mereka juga mengenal baik rekan – rekan sesama klub. Ini yang membuat kita semakin solid.

Apa perhatian khusus selaku Dewan Pembina?

Saya selaku dewan Pembina memang selalu mengawasi para anggota dalam setiap kegiatan, Saya coba turun langsung dan tidak ingin hanya mendengar laporan dalam setiap kegiatan. Tak lupa saya juga selalu mengingatkan agar W202 menjalankan 70% kegiatan yang dilaksanakan harus bermanfaat bagi orang banyak. Ini juga membuat kita menghilangkan pandangan masyarakat terhadap klub Mercedes Benz yang terkesan eksklusif. Dengan acara bakti sosial, setiap kegiatan yang kita lakukan akan semakin bermanfaat.

Doddy-Moedjito-MB-W202-CI-1

Lalu, Apa yang dilakukan untuk dapat merangkul calon member?

Sebagai klub yang sudah berumur, kita harus memperkuat internal terlebih dahulu. Struktur organisasinya harus kuat, divisi – divisi yang telah dibuat juga harus berjalan sesuai jalur. Seperti contohnya divisi event, ini merupakan divisi penting yang merencanakan setiap kegiatan klub, selain merancang agenda touring, divisi ini juga harus memikirkan kegiatan apa saja yang akan kita jalani kedepannya.

Saya berkaca dari pengalaman saya, setiap calon member yang saya wawancarai pasti selalu menanyakan benefit apa yang mereka dapat kalau jadi bergabung dengan klub ini. Oleh sebab itu kita harus menjalankan kewajiban setiap divisi. Oh iya, saya juga selalu memberikan kesempatan member baru untuk memberikan kritik untuk tujuan kemajuan klub, karena semua orang berhak mengemukakan pendapat untuk tujuan baik.

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY