Ini Dia Pendahulu BMW i3

0
860

 

Banyak orang yang terpesona dengan kecanggihan fitur dari Mega City Vehicle lansiran BMW, i3. Mobil listrik yang mendebut di ajang International Motor Show Germany 2011 ini mobil produksi masal pertama BMW dengan emisi nol.

mercedes-benz-w123-electric-3

Namun sejatinya, Mercedes-Benz sendiri telah melahirkan versi Range Extended dari station wagon W123. Sayangnya teknologi yang ada saat itu tidak memungkinkan model yang lahir di Hanover Trae Fair 1982 tersebut diproduksi secara masal.

mercedes-benz-w123-electric-4

Sepintas, tidak ada perbedaan yang mencolok antara W123 REx dengan varian estate biasa. Yang menjadi pembeda hanyalah lubang ventilasi di bawa kaca belakang yang berfungsi untuk mendinginkan baterai serta penutup berukuran besar mirip tutup tangki bensin, tempat mencolokkan listrik untuk mengisi ulang baterai.

mercedes-benz-w123-electric-6

Yang unik justru berada di balik kap mesinnya. Seonggok motor listrik bertenaga 41 hp bersemayam di dalam kompartemen mesin.  Motor tersebut mengirimkan daya ke roda belakang melalui sistem transmisi 4 percepatan. Sementara tenaga yang menggerakkan motor dimaksud berasal dari battery pack nickel-iron hydride yang ada di buritan.

mercedes-benz-w123-electric-5

Dimensinya yang gambot dengan bobot hampir 600 kg mengisi nyaris separuh ruang kabin W123T. Sayangnya, jika kapasitas baterai terisi penuh, mobil ini hanya dapat menempuh jarak 100 km. Untuk mengakalinya, Mercedes-Benz telah memasang mesin mungil dua silinder yang diklaim dapat menambah daya tempuh hingga 48 km.

mercedes-benz-w123-electric-9

Bagi Mercedes-Benz, RExW123 hanyalah sebuah awal dari beragam inovasi yang mereka tanamkan. Pasalnya setelah itu, pabrikan bentukan Gottlieb Daimler dan Carl Benz ini menghadirkan beberapa model purwarupa plug-in lainnya. Termasuk mobil listrik yang mengadopsi platform W201 delapan tahun kemudian.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY