Mau Bawa Binatang Peliharaan Dalam Mobil? Ini Tipsnya

0
563

Hewan peliharaan sering diibaratkan sebagai anggota keluarga ketiga selain istri dan anak-anak. Maka tidak heran bila mereka sering diperlakukan istimewa, bahkan sering dianggap sebagai anak sendiri. Entah itu diberi tempat khusus ataupun waktu untuk berjalan-jalan.

Meski begitu ada beberapa tips khusus yang harus dicermati kala mengajak hewan peliharaan bepergian. Entah itu anjing ataupun kucing, mereka semua memiliki keterbatasan kala berada di dalam ruangan tertutup. Terlebih lagi mobil yang bergerak terasa aneh bagi mereka.

Jadi berikut ini Thegaspol.com memberikan panduan untuk menjaga kemanan hewan peliharaan kita di dalam kendaraan. Entah itu dalam liburan ataupun sedang ingin rehat sejenak di kala akhir pekan. Pastikan semua anggota keluarga kita menikmatinya dengan tenang.

Preparasi
Persiapan selalu menjadi yang terutama kala ingin melakukan perjalanan. Selalu perhatikan apa yang menjadi kebutuhan hewan peliharaan. Berilah mereka makanan ringan tiga sampai empat jam sebelum berangkat. Jangan pernah melakukan aksi memberi makan dalam kendaraan berjalan apapun yang terjadi.

Sabuk Pengaman
Sebenarnya, benda yang paling aman digunakan untuk membawa hewan di kendaraan adalah sebuah kotak khusus berventilasi baik. Beberapa di antaranya malah sudah melewati tes tabrakan sehingga tingkat keamanannya sudah bisa dipastikan. Namun untuk mereka yang bergantung kepada sabuk pengaman bawaan mobil, ada beberapa hal yang patut diperhatikan seperti bentuk badan. Mereka tidak dibuat untuk hewan jadi pastikan berhati-hati karena tidak menjamin kala terjadi tabrakan. Inovasi terbaru ini adalah merek Skoda yang telah membuat sabuk pengaman resmi untuk hewan peliharaan dan beberapa aksesoris tambahan lainnya.

Posisi Duduk
Selalu tempatkan hewan kesayangan di jok belakang. Sebagai tindakan preventif bila terjadi tabrakan, mereka bisa jadi sangat berbahaya. Contoh saja sebuah Labrador ataupun German Shepherd seberat 32 kg yang dapat berubah berat menjadi 100 kg dalam sebuah tabrakan di kecepatan 48 km/jam. Bayangkan saja bila mereka ada di jok depan dan tidak menerima pelukan airbag dengan benar.

Istirahat
Bila destinasi cukup jauh, pastikan para hewan tersebut beristirahat sejenak di luar untuk meluruskan kaki. Sebagaimana layaknya makhluk hidup, mereka juga perlu rehat sejenak. Di saat inilah berikan mereka minum dan beberapa hal favorit mereka.

Salah satu trik untuk mencegah kebosanan di dalam mobil adalah biarkan mereka merasakan angin segar. Matikan power window dan julurkan kepala mereka ke luar mobil. Pastikan kondisi lalu lintas aman dan tetaplah berjaga-jaga. Terkadang ada beberapa hewan yang ingin melompat keluar.

Kasus Gawat Darurat

Mungkin saja hal ini tidak terjadi pada hewan peliharaanmu sendiri namun inilah tindakan yang perlu dilakukan bila beberapa kasus unik terjadi.

Katakanlah kamu melihat sebuah hewan peliharaan asing yang terjebak di dalam mobil dalam kendaraan yang diam dan panas. Segeralah cek tiket parkir untuk melihat seberapa lama dia di dalam sana dan temukan pemiliknya. Bila hewan tersebut adalah milik anda, cek segera apakah dia terkena serangan panas dan bawalah ke dokter hewan terdekat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY