Rawat Mercedes-Benz Anda dengan Cara Ini

0
2936

 

Quality. Engineering. Reliability. Ketiga kata tersebut merupakan deskripsi terhadap reputasi seluruh jajaran produk Mercedes-Benz. Namun semua fitur dan teknologi yang diusung Mercedes-Benz akan terbuang percuma tanpa diimbangi dengan perawatan yang mumpuni. Dan jika produk-produk the Three Pointed Stars adalah mobil kesayangan serta kebanggaan Anda, maka sebaiknya Anda mempelajari beberapa cara untuk merawatnya. Berikut beberapa langkah yangbisa Anda lakukan agar Mercedes-Benz kebanggaan bisa selalu berada dalam kondisi terbaik.

maxresdefault

Pantau Kondisi Oli

Parkir mobil Anda di atas permukaan yang rata dan diamkan selama kurang lebih 20-30 menit agar suhu mesin kembali dalam kondisi normal. Langkah ini akan memberikan waktu agar suhu oli mesin kembali dingin. Tarik dipstick dari dalam lubangnya. Bersihkan oli yang menempel di dipstick dengan menggunakan kain bersih. Secara perlahan masukkan kembali dipstick dan kembali tarik keluar. Jika levelnya berada di antara tanda MIN dan MAX, maka jumlah oli berada pada level yang tepat. Pada beberapa varian dan model Mercedes-Benz, Anda bisa melakukan pengecekan lewat on-board computer.

maxresdefault 1

Cek Cooling System

Penggunaan campuran antara air bersih dengan radiator coolant yang tepat dapat menjaga kinerja cooling system dan mencegah terjadinya korosi. Cara memantaunya juga mudah. Lakukan pengecekan saat mobil berada di atas permukaan yang rata, kondisi mesin mati dan suhu radiator dingin. Pada beberapa model dan varian Mercedes-Benz, Anda dapat melihat suhu radiator langsung di panel instrumen. Dan jika cairan radiator harus ditambah, secara perlahan buka tutup radiator dan tambahkan cairan.

maxresdefault 3

Jaga Kebersihan

Jangan biarkan air hujan menempel terlalu lama di body Mercedes-Benz kesayangan. Pasalnya, air hujan mengandung asam dan jika didiamkan bisa mengakibatkan body berjamur dan timbul flek atau bercak. Sebaiknya, Anda langsung mencuci mobil lepas tersiram hujan. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kolong dengan menggunakan air bertekanan tinggi agar partikel-partikel penyebab karat hilang.

70189

Pantau Tekanan Ban

Salah satu cara termudah dan paling penting namun kerap dilupakan adalah memantau kondisi tekanan angin di ban. Seperti diketahui, ban adalah bagian yang langsung bergesekan dengan permukaan jalan. Kondisi ban juga mempengaruhi kemampuan untuk bermanuver serta pengereman. Jadi, lakukan pengecekan lingkar karet secara rutin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY