Unimog: Dari Masa ke Masa

1
2034

Hanya secuil nama yang mampu menjadi legenda di dunia otomotif – dan sebagian diantaranya sudah terkubur oleh debu sejarah. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Mercedes-Benz Unimog. Varian hadir setelah berakhirnya Perang Dunia II tersebut, kini menjadi salah satu legenda hidup di ranah automotive engineering. Unimog mampu bertahan ditengah berbagai kondisi, perubahan ekonomi dan pergantian karakter konsumen.

SEJARAH-UNIMOG-1

Pekerja Keras

Unimog telah berhasil membuktikan bisa menjadi kendaraan pekerja keras di berbagai Negara di belahan dunia manapun selama beberapa dekade. Dan yang paling diingat adalah konsep desain dasarnya: fleksibilitas luar biasa untuk berbagai keperluan, mobilitas off-road yang superior berkat sistem all-wheel drive, portal gear axles dan differential locks di depan dan belakang hingga daya tahan yang mengagumkan.

SEJARAH-UNIMOG-2

Sejak 1945

Varian ini awalnya adalah kendaraan pertanian, buah karya Albert Friedrich yang sebelumnya merupakan Head of Aeroengine Design di Daimler-Benz. Mulanya Friedrich berkomitmen untuk membentuk tim insinyur pembangunan Messrs dan merangkul Erhard & Sons di Göppingen, Jerman, sebagai mitra. Produksi dimulai tahun 1948 di pabrik Messrs Boehringer di Schwäbisch Gmünd. Namun untuk memenuhi permintaan konsumen butuh investasi yang cukup besar. Maka kemudian proyek ini diambil alih oleh Daimler-Benz pada musim gugur 1950 dan mulai diproduksi di pabrik Gaggenau satu tahun kemudian.

SEJARAH-UNIMOG-4

Mulai 1953, Unimog ditorehkan noktah kebesaran Three-Pointed Stars milik Mercedes-Benz. Di tahun yang sama deretan varian ini makin lengkap berkat hadirnya versi folding top. Dua tahun berselang, Unimog S memulai karir barunya sebagai kendaraan angkutan dan tempur di angkatan bersenjata di beberapa Negara. Popularitas Unimog juga makin terdongkrak untuk kalangan sipil, khususnya untuk globetrotters dan juga ekspedisi.

SEJARAH-UNIMOG-3

Seri Tambahan Penuhi Permintaan

Besarnya permintaan dari konsumen membuat Daimler-Benz harus memperbanyak seri Unimog dengan memproduksi seri 406 yang berdimensi lebih besar dari yang diproduksi tahun 1963. Pada 1972, Daimler-Benz kembali ke gagasan awal dari Unimog sebagai kendaraan pertanian – dan selama bertahun-tahun Unimog bergabung dengan varian traktor pertanian MB-trac. Hanya dua tahun berselang, unit pertama dari heavy duty Unimogs seri 425 masuk lini perakitan.

SEJARAH-UNIMOG-5

Mulai 1985, Daimler-Benz menggantikan seluruh deretan Unimog dengan beberapa langkah. Beberapa tahun kemudian, Unimog paling canggih, U 2450 L 6 × 6 diluncurkan,three-acle vehicle dengan performa mesin yang mengesankan, dengan lonjakan tenaga sebesar 177 kW (240 hp). Di 1992, Mercedes-Benz menawarkan varian baru yang ringan untuk medium-duty seri 408 dan 419. Tak lama setelah itu, Funmog dengan desain mencolok dirancang dengan elegan untuk melengkapi deretan Unimog yang telah ada sebelumnya dan diikuti oleh kehadiran UX 100 yang kompak tahun 1996.

SEJARAH-UNIMOG-6

Hadirnya Seri U 300 – U 500

Unimog seri U 300, U 400 dan U 500 baru hadir di 2000 dan dirancang untuk jenis pekerjaan di perkotaan. Kendaraan yang menggabungkan kepraktisan dengan desain atap terbuat dari campuran material serat komposit, VarioPilot dan sistem hidrolis berperforma tinggi berjuluk VarioPower serta dapur pacu yang mampu menghembuskan daya sebesar 280 hp. VarioPilot adalah sebuah sistem yang dapat memindahkan panel instrumen dan pedal serta kolom kemudi dari kiri ke sisi kanan dan kembali dalam waktu singkat. Sistem ini terbukti menjadi fitur yang sangat praktis untuk berbagai aplikasi dalam pekerjaan dalam kota.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY